close

6 Juni 2013

Moment Take Profit Menjelang News NFP



Menjelang di rilisnya data Non-Farm Employment change atau yang lebih familiar dengan NFP (Non-Farm Payroll), market terlihat tidak memiliki arah yang jelas. beberapa pair major currency terlihat saling berlawanan arah, hal ini menunjukkan bahwa data yang akan dirilis oleh pemerintah US akan sangat mempengaruhi pergerakan market pada saat rilis data nantinya.


Setelah tertekan dari April 2013, Aussie terlihat makin terpuruk pada perdagangan selasa kemaren ( 4 Juni 2013) setelah rilis data mengenai cash rate (suku bunga acuan) yang ternyata dipertahankan pada 2,75%. data ini sempat memacu sedikit pergerakan penguatan Aussie, namun Pernyataan saat RBA (Reserve Of Bank Australia) menyatakan bahwa suku bunga tersebut kemungkinan akan mengalami pemotongan dimasa mendatang untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Pernyataan ini menjatuhkan harapan investor akan suku bunga tetap pada nilai yang ada saat ini, investor khawatir akan semakin lemahnya perekonomian negeranya sehingga mereka berusaha untuk kembali melepas uang cash yang mereka pegang dan lebih memilih aset yang lebih save.


Pada perdagangan hari ini mata uang aussie dari Australia tampak mengalami penurunan lanjutan (06/06). Aussie melemah untuk tiga hari berturut-turut setelah data ekonomi dari Australia kembali menunjukkan penurunan. Data neraca perdagangan di bulan April lalu menunjukkan terjadinya penurunan surplus.



Surplus perdagangan di Australia berkurang di bulan April lalu. Tercatat surplus turun menjadi 0.03 miliar aussie dibandingkan dengan surplus yang terjadi di bulan Maret yaitu sebesar 0.56 miliar aussie. Surplus perdagangan di bulan Mei tersebut juga turun lebih dari prediksi yang mengharapkan terjadi penurunan hanya ke posisi 0.2 miliar aussie.


Pagi hari ini aussie tampak mengalami penurunan lanjutan terhadap dollar AS. Aussie terpantau berada pada posisi 0.9486 dollar. Aussie mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.9544 dollar. Posisi aussie saat ini sekaligus merupakan yang paling rendah sejak Akhir September 2011 yang lalu.

Tidak ada komentar: